Mengapa baterai Blackberry cepat habis

Ketika anda mulai menggunakan perangkat Blackberry, anda akan mulai bertanya “Mengapa baterai Blackberry saya cepat habis?”. Ini adalah pertanyaan yang keluar dari hampir semua pengguna Blackberry. Pertanyaan ini akan timbul secara dalam benak kita, karena kita telah terbiasa menggunakan handphone merk sebelumnya yang memiliki standar kekuatan baterai bisa bertahan lebih dari 2 hari, sehingga ketika menggunakan Blackberry serasa lebih boros.

Blackberry adalah device yang selalu berusaha online

Jika anda berlangganan paket Blackberry, terlepas dari apakah paket full atau paket yang paling sederhana, perangkat Blackberry anda akan menjadi alat yang selalu terkoneksi ke server RIM Blackberry melalui saluran internet. Perangkat Blackberry anda dituntut untuk selalu melakukan update data dari server, agar anda dapat selalu menerima email atau BBM atau Status Update secara instant. Hal inilah yang menyebabkan Blackberry anda selalu bekerja keras untuk mempertahankan kualitas koneksi yang baik agar dapat selalu setiap saat siaga menyediakan data segar dan terbaru untuk anda.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka dengan sendirinya perangkat Blackberry anda akan mengerahkan semua sumber daya nya, berupa memori, kekuatan prosessor dan tentunya daya baterai untuk memberi tenaga kegiatan tersebut. Dalam kondisi normal, proses tersebut sudah cukup memakan banyak daya baterai. Apalagi jika dalam kondisi yang bisa disebut diluar normal oleh perangkat Blackberry anda, yaitu ketika sinyal operator dinilai tidak memadai.

Ketika sinyal operator menurut perangkat Blackberry anda dinilai tidak memadai untuk melakukan koneksi, Blackberry anda akan bekerja jauh lebih keras lagi untuk mendapat kualitas sinyal yang memadai dengan menambah alokasi power ke bagian mencari sinyal. Blackberry anda pantang menyerah untuk itu, dia akan terus mencoba dan mencoba untuk memperoleh koneksi, karena dia memiliki kewajiban untuk selalu menyediakan data segar terbaru untuk anda. Kegiatan tersebut akan sangat menyita tenaga, yang dalam hal ini tentu adalah tenaga baterai. Dan inilah salah satu penyebab jika Blackberry anda boros, sinyal operator di tempat Blakcberry anda berada dinilai tidak memadai untuk melakukan koneksi.

Lalu kenapa hanphone lama seperti Nokia bisa bertahan beberapa hari? Karena Nokia, terutama tipe lama hanya melakukan fungsi telepon standar, dan tidak melakukan proses full online seperti Blackberry. Penggunaan daya nya hanya untuk proses telepon dan sms. Dan kalaupun melakukan koneksi internet, hanyalah berdasarkan perintah pengguna, tidak dijalankan terus menerus untuk update data. Perangkat Blackberry anda pun akan awet baterainya jika ditempatkan dalam kondisi yang sama. Untuk membuktikannya sangat mudah. Cobalah anda tidak berlangganan paket apapun dari Blackberry, gunakan hanya untuk telepon dan sms. Anda akan mendapatkan Blackberry anda bahkan bisa bertahan lebih lama dari Nokia

 

Stabilitas dan kekuatan sinyal operator sangat berpengaruh

“Sinyal saya bagus kok, tapi tetep boros”. Pernyataan ini juga sering terdengar. Tapi apakah anda yakin bahwa sinyal operator selalu tersedia di level memadai yang dinilai cukup oleh perangkat Blackberry? Apakah anda bisa yakin bahwa sinyal selalu full atau berkurang hanya 1 bar di setiap waktu? Yang anda lakukan biasanya adalah sekali-kali melihat indikator sinyal, beberapa kali dalam sehari, dan otak kita akan menilai rata-rata nya. Kadang full bar, kadang setengah, kadang 4 bar, bahkan mungkin sempat juga blank yang tidak terpantau oleh mata. Mata kita bukanlah alat ukur yang akurat. Apalagi jika hanya sekilas.

Untuk itu tersedia banyak tools untuk dipasang di Blackberry anda. Salah satunya adalah MeterBerry. Program ini memiliki fasilitas salah satunya untuk mencatat secara rutin kekuatan sinyal operator anda. Program ini bahkan bisa mencatat juga kekuatan baterai anda, dan seberapa besar penurunan nya, dicatat dalam bentuk Log

Dengan menggunakan MeterBerry, anda bisa menilai dengan akurat, apakah kekuatan sinyal di daerah anda cukup memadai, atau kurang sehingga menyiksa baterai anda. Di program tersebut anda bisa melihat log/catatan kekuatan sinyal yang dicatat dengan akurat.

Lalu bagaimana jika ternyata sinyal di daerah anda beraktifitas kurang memadai? Ada beberapa alternatif solusinya. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah menggunakan OS terakhir untuk tipe Blackberry anda. Lakukan riset sederhana menggunakan Google, OS versi berapa yang paling up to date untuk perangkat Blackberry anda. lalukan proses upgrade untuk OS Blackberry anda jika ternyata anda masih menggunakan versi lama. Seringkali, upgrade OS tersebut mengandung beberapa perbaikan yang cukup signifikan di proses efisiensi penggunaan daya baterai.

Kedua, meskipun sinyal buruk, tapi akan ada pilihan beberapa titik lokasi di tempat anda dimana disitu adalah tempat dimana terdapat kekuatan sinyal terbaik dari yang buruk. Silahkan eksplore tempat anda, dan tentukan tempat terbaik penerimaan sinyal, apakah di atas meja samping, apakah di pojok kanan meja kerja, di pojok kiri meja rias, di meja tamu, atau di manapun dengan sinyal terbaik. Usahakan anda menjadikan posisi lokasi titik tersebut sebagai lokasi menyimpan perangkat Blackberry anda di saat idle.

Solusi ketiga adalah dengan menggunakan fasilitas wifi anda. Jika anda memiliki koneksi internet yang di share dengan jaringan wifi, nyalakan wifi di perangkat Blackberry anda dan sambungkan dengan jaringan wifi tersebut. Hal ini akan sangat membantu Blackberry anda. Sangat! Koneksi wifi yang jauh lebih stabil membuat perangkat Blackberry anda tidak lagi bekerja keras untuk mempertahankan sinyal operator. Perangkat Blackberry anda akan menggunakan saluran internet yang terkoneksi dalam jaringan wifi tersebut untuk melakukan proses pertukaran datanya dengan server RIM. Proses ini akan berlangsung dengan sangat efisien karena perangkat Blackberry anda tidak lagi menggunakan jalur operator untuk koneksi data. Selain itu, anda akan mendapatkan akses yang lebih cepat di penerimaan email, bbm, dan pesan lainnya. Baterai Blackberry anda pun akan lebih sedikit terpakai, dan anda akan merasa perangkat Blackberry anda lebih irit.

 

Kualitas dan Usia Baterai Blackberry

“Sinyal saya yakin bagus. Saya sudah pakai Meterberry untuk mengukurnya. Saya bahkan sudah menggunakan wifi sehari-hari. Tapi tetap baterai Blackberry saya cepat habis dalam beberapa jam”. Ini adalah kejadian lain.

Jika anda telah yakin sinyal operator cukup stabil, dan bahkan telah mencoba menggunakan jaringan wifi, namun tetap memperoleh hasil buruk dalam daya tahan baterai, saat nya menilai kualitas dan usia baterai Blackberry anda.

Baterai Blackberry original memiliki usia ekonomis standar sekitar 300 Cycle. 1 kali cycle kira-kira 1 kali proses charging sampai penuh. Dengan demikian anda bisa memperkirakan apakah baterai anda sudah mencapai usia ekonomis nya atau belum. Sejalan dengan waktu, dengan bertambahnya jumlah cycle, maka daya tahan baterai Blackberry anda pun akan turut berkurang. Ini sudah menjadi kendala teknologi baterai, yang belum bisa dipecahkan untuk baterai-baterai cousumer product. Jika sudah mencapai masa akhir usia ekonimis, saat nya mengganti baterai anda. Tidak ada cara lain, batas usia sudah tercapai. Saat nya patah tumbuh hilang berganti.

 

Hardware failure terkadang terjadi

Adakalanya, pada beberapa kasus yang agak jarang, meskipun anda telah melakukan segala upaya seperti yang telah disebutkan diatas, namun keluhan akan borosnya baterai tetap terjadi. Jika anda mengalami hal ini, maka saat nya anda memeriksakan Blackberry anda ke service center. Ada masalah dengan hardware Blackberry anda.

Kerusakan pada hardware tertentu bisa mengakibatkan efisiensi Blackberry dalam penggunaan daya menurun drastis. Solusi untuk masalah ini hanyalah dengan membawa Blackberry anda ke teknisi handal yang anda percayai. Jika anda masih memiliki garansi untuk Blackberry anda, inilah saatnya melakukan klaim terhadap garansi tersebut. Rata-rata kasus selesai dengan pergantian unit baru yang akhirnya menyelesaikan masalah boros baterai yang tidak biasa.

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...
Share via email

Comments

comments